Berbagi di Penghujung Mei

Hari Minggu, tgl 31 Mei 2009, Keputrian se-Surabaya telah melaksanakan acara “Seminar Keputrian” yg bertempat di Masjid Gayungan, Surabaya Selatan. Pesertanya seluruh mudi2 se-Surabaya. Acara yg rutin dilakukan setiap tahun tersebut, kali ini mengambil tema “Hubungan Kecerdasan Emosional dgn Akhlakul Karimah”, dengan pemateri para Psikolog Muda yg berpengalaman di bidangnya. Mereka adalah Mbak Dewi Ilma (pemateri 1), Mbak Nita (pemateri 2), dan Mbak Yani (pemateri 3).
Acara yg dimulai pukul 08.30 itu diawali dgn nasihat dari Bapak Pengurus sekaligus membuka acara secara formal. Selanjutnya, dijelaskan perpoin di bawah ini:

1.  Penyampaian materi 1 oleh Mbak Dewi Ilma ttg Kecerdasan Emosional. Beliau menjelaskan pengertian KE, dimensi KE, ciri seseorang memiliki KE rendah atau KE tinggi, dan konsep diri. Disampaikan pada kami dengan cara yg asik (gaya psikolog yg tenang tapi menghanyutkan), komunikatif sehingga ‘ga bikin bete’ apalagi ‘bikin ngantuk’.

2.  Penyampaian materi 2 oleh Mbak Nita. Materi kedua ini adalah tes kepribadian diri. Setiap peserta mengisi form kepribadian yg telah disediakan pemateri (diberikan ktk peserta mengisi daftar hadir di awal kedatangan). Lalu pemateri menjelaskan masing2 kategori kepribadian yg diteskan melalui peta sifat dasar kepribadian, baik keunggulannya maupun kelemahannya, serta bagian mana yg perlu ditingkatkan dan mana yg perlu dikurangi.

3.  Games kepribadian, ‘mulut’ dan ‘telinga’. Games ini tentang sejauh mana kami bisa menjadi ‘mulut’ (mengeluarkan ide atau perasaan kita terhadap sswt, ‘curhat’, etc.) dan menjadi ‘telinga’ (mendengar dgn penuh perhatian, memberi respon/tanggapan trhdp apa yg didengar). Kami jadi lebih tahu apakah selama ini kami lebih banyak bertindak sbg ‘mulut’ ataukah ‘telinga’, mengingat kedua posisi ini harus berada seimbang dalam diri kami.

4.  Penyampaian materi 3 oleh Mbak Yani yaitu ttg Hubungan KE dlm Peningkatan Akhlakul Karimah”. Disini kami mendapat penjelasan ttg bagaimana posisi KE dlm membantu meningkatkan kebaikan akhlak, hambatan2 yg dihadapinya, sekaligus cara2 mengatasi kesulitan tersebut. Kami diberi pandangan mengenai mental dan sikap yg harus dimiliki seorang muslimah untuk meningkatkan kualitas akhlaknya sesuai ketentuan QH.

5.  Pemutaran film ttg KE. Film ini menampilkan sosok perempuan di Tanah Rencong yg tetap bisa bertahan melanggengkan keimanan dlm hatinya meski keganasan tsunami bbrp tahun lalu telah melantakkan rumah, melenyapkan seluruh keluarganya, mengantarkan dirinya ke kehidupan awalnya (tidak punya apa2). Meski begitu dia tidak putus asa terhadap rahmat Alloh apalagi bersu’udzon pada ketentuan Alloh untuk hidupnya, tidak. Dia cepat menyadari bahwa dia harus bangkit, tidak bisa larut dlm kesedihan, dan merutuki nasib diri, sebab dia meyakini bahwa Alloh akan merubah keadaannya jika dia berikhtiar mengubahnya. Dia menanamkan pada hatinya bahwa Alloh sayang padanya, memberikan kesempatan padanya untuk berbuat lebih baik untuk kehidupan dunia dan akhiratnya, berbuat baik terhadap org2 disekelilingnya. Dia memulihkan traumanya dgn bergabung bersama korban lain membentuk sebuah children foundation sederhana untuk membantu mengatasi trauma anak2 korban tsunami.

6.  Pemilihan best dress 2009. Pemilihan ini berdasarkan pada ketentuan pakaian muslimah sesuai QH. Sekaligus sebagai apresiasi bagi mudi2 yg sudah berusaha menetapi pakaian yg diperintahkan QH.

7.  Penyerahan cinderamata pada pemateri

8.  Penutup dan doa

Mungkin itu sedikit cerita ttg acara akhir Mei lalu, yg Subhanalloh makin membuat kami, khususnya saya, lebih mengenal lagi diri saya, apa kelebihan saya yg harus saya optimalkan, apa kekurangan sy yg perlu diminimalisir, apa yg seharusnya sy lakukan ketika berinteraksi dgn pribadi di luar diri saya, and so on…

Yg semua itu, Insya Alloh, membawa hal positif untuk perkembangan kehidupan saya kedepan, terutama secara mental (sisi psikologi), yg pada akhirnya bisa meningkatkan kualitas akhlak saya dalam hubungannya dgn Robbul ‘Izzati, dgn pribadi2 yg hidup di sekitar saya, dan lingkungan yg saya tinggali.

NB. Salam2 untuk keputrian daerah Bandung Utara dari keputrian Surabaya…salam kenal dan tetap semangaaaatttzh, katanya… ^_^

(0609).

Mbak DewiMbak Sofia

Mbak Nita


Peserta SeminarBest Dress


***

Tentang Penulis

Rina RINA OKTAVIYANTHI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s