Membuat Website Sendiri

Dewasa ini, internet sepertinya hampir tidak bisa lepas dari kehidupan kita. Banyak manfaat yang bisa kita peroleh dari media internet: sebagai alat komunikasi, sharing informasi, mencari teman, dsb. Melalui internet orang bisa memasang platform yang dinamakan website, untuk kemudian diakses dan dimanfaatkan oleh oleh pengguna internet lainnya.

Setiap orang bisa membuat website sesuai dengan keinginan dan kepentingannya masing-masing. Tujuannya bisa beragam: untuk keperluan bisnis, mempromosikan diri, mensosialisaikan prestasi/pencapaian/penelitian, berbagi pengalaman, dsb. Agar website yang kita bangun lebih menarik dan banyak diminati orang, ada baiknya kita perhatikan beberapa poin berikut ketika merancang web:

  1. Unik : tidak meniru/menggunakan karya orang lain.
  2. Komposisi : penyesuaian warna dengan Corporate Color (untuk web perusahaan).
  3. Simple : tampilan terlihat rapi, bersih dan informatif.
  4. Semiotik : ilmu yang tentang tanda-tanda yang mudah dan cepat mengerti.
  5. Ergonomis : kenyamanan membaca dan kecepatan orang menelusuri website.
  6. Fokus : hirarki prioritas pesan yang disampaikan, pesan mana yang harus lebih dahulu dibaca.
  7. Konsisten : tentukan font yang akan digunakan, sesuaikan dengan misi dan visi website.
    B000ALM5Y8.02.LZZZZZZZ
    93414_s__adobe_fireworks_cs_total_tfrontpageboxmedium

(software)

Langkah-langkah Membuat Homepage

  1. Membuat Sketsa Desain : menuangkan ide untuk interface homepage dalam bentuk sketsa di kertas dahulu. Atau bisa dilewatkan dan langsung membuatnya menggunakan software.
  2. Membuat Layout Desain : gunakan software seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Macromedia Fireworks dan Macromedia Freehand untuk memperhalus sketsa desain.
  3. Membagi gambar menjadi potongan kecil-kecil : file gambar tersebut dipecah menjadi potongan kecil-kecil untuk mengoptimize waktu download. Gunakan software Adobe Image Ready yang dapat langsung memotong gambar besar tadi, lalu otomatis menjadikannya ke dalam format html.
  4. Membuat Animasi : Macromedia Flash dan Gif Construction Set dapat dipakai untuk melakukan hal tersebut.
  5. Membuat HTML : merapikan layout desain seperti menempatkan beberapa tombol dan gambar, menambah text, mengedit script HTML, membuat layout form ke dalam format HTML. Perlu software HTML Editor seperti Macromedia Dreamweaver, Microsoft Frontpage dan Allaire Homesite.
  6. Programming dan Script : Untuk website e-commerce, iklan baris, lelang, database, membuat guestbook, counter dan forum diskusi, file HTML kita perlu programming untuk melakukan aktivitas itu. Gunakan ASP, Borland Delphy, CGI, PHP, Visual Basic.
  7. Upload HTML : meng-upload file kita ke suatu tempat (hosting), agar semua orang di dunia dapat mengakses halaman html kita. Biasanya Macromedia Dreamweaver dengan fasilitas site FTP dan Microsoft Frontpage dengan Publishnya telah menyediakan fasilitas upload ini. Atau dapat menggunakan software seperti WS-FTP, Cute FTP, Bullet FTP.
  8. Homepage Pribadi : untuk homepage pribadi atau yang sekedar ingin coba-coba biasanya setelah file html sudah jadi dapat hosting di tempat-tempat gratis, memakai guestbook dan counter gratis dan menambah macam-macam accesories dalam mempercantik homepage pribadi tersebut.

Besarnya pengaruh internet terhadap kehidupan kita, juga bisa bermanfaat dalam mendukung syi’ar Qur’an Hadits yaitu sebagai sarana amar ma’ruf nahi munkar (saling mengajak pada kebaikan). Dengan begitu, pekerjaan kita sibuk di depan komputer bisa barokah dan berpahala, sesuai pesan Rasululloh:

Dalil

“Barang siapa yang mengajak pada petunjuk (Allah), ada baginya pahala semisal pahalanya orang yang telah mengikuti petunjuk tersebut. Pahalanya sedikitpun sama sekali tidak mengurangi pahala mereka orang yang telah mengikuti.” (HR. Abu Dawud)

Jadi, sebagai generasi penerus yang faqih tidak ada salahnya untuk menguasai trik-trik eksis di dunia web ini.

(red) 0609. Sumber: penamerah.blogspot.com

2 thoughts on “Membuat Website Sendiri

  1. Nice post…

    Memang…kemajuan teknologi, khususnya internet yang udah kyk sekarang ini gak bisa dihindari lagi…

    “Teknologi bukanlah sebuah hal untuk ditakutkan, tapi untuk dimanfaatkan” , khususnya utk kelancaran QH dijaman seperti saat ini…

    Kebetulan saya sendiri banyak berkecimpung di dunia web/internet…dan saya merasakan banyak sekali manfaat yang saya dapatkan, diantaranya untuk media informasi&share alamat2 ngaji di daerah2, ajang utk saling nasehat, dll.

    Jadi, menurut saya yang diperlukan adalah kontrol dari pengurus yang mengerti benar seluk-beluk dunia IT agar muda-mudi bisa terhindar dari mudhorot yang ditimbulkan dari internet itu sendiri dan sebaliknya bisa memanfaatkannya utk kelancaran QH.

    Alhamdulillahi jazakumullohi khoiro

    • Betul sekali, Mas!
      Alhjzkallkhro juga atas komentarnya. Mekanisme kontrol semacam itu memang sangat kami harapkan, salah satunya saja terhadap blog MM ini. Mudah2an bisa terealisasi dan dapat dikembangkan untuk semua.
      Amiiiin!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s