5 Syarat Perjuangan

Generasi penerus dalam agama sebagai orang-orang yang diharapkan di masa depan, memegang peranan penting yaitu pelestarian dan pengembangan Qur’an – Hadits. Oleh karena itu, sejak saat ini sangat diperlukan bahwa generus dapat belajar dan berlatih dalam berjuang untuk nantinya menjadi pemimpin-pemimpin agama Islam ini.

Bahkan Allah berfirman dalam Al-Qur’an bahwa perjuangan adalah salah satu dagangan yang bisa menyelamatkan kita dari siksa neraka yang pedih, dan niscaya bermanfaat jika kita merupakan golongan orang-orang yang faham.

Dalil

“Membelalah kalian dalam agama Allah dengan harta dan diri kalian” (QS.Shof:11)

Dalam melakukan perjuangan, berhasil atau tidaknya menurut salah seorang ulama’, Bapak KH. Sholihun, ialah ditentukan oleh 5 faktor. Namun juga, jikalau memang berhasil adakalanya tidak diperoleh dengan serta merta namun membutuhkan waktu.

5 Syarat Perjuangan

1. Yang diperjuangkan adalah barang BENAR

quranAllah telah berjanji bahwa barang siapa yang menolong (melancarkan, memperjuangkan) agama-Nya, maka Dia akan menolong balik pada kalian. Jika Gusti Allah sendiri yang memberi pertolongan, maka dapat dipastikan semua perkara kita (sekolah, kuliah, kerja, nikah, dll) akan mudah dan lancar.

2. Dengan keberanian

asad1Telah dicontohkan sendiri oleh Nabi Muhammad SAW, bagaimana beliau dengan gigih dan semangatnya melindungi umat Islam, salah satunya di Kota Madinah. Perang demi perang dilalui, semua itu telah terbukti membuahkan keberhasilan dengan adanya agama Islam bisa tetap lancar, berkembang, dan menyebar ke berbagai penjuru dunia.

3. Tabah, sabar, tahan uji

CIMG3961Seorang ulama’ besar pernah mengatakan bahwa saat dirintangi dari timur, menghadaplah ke selatan. Saat dirintangi dari selatan, menghadaplah ke barat, saat dirintangi dari barat, menghadaplah ke utara. Saat dirintangi dari utara, menghadaplah ke atas sambil melantunkan “gandhangan”, lagu penyemangat diri supaya tidak patah semangat.

4. Keuletan dan berbudi luhur

CIMG6044Peka terhadap situasi, mengerti apa yang harus dilakukan saat situasi baik ataupun saat situsi buruk. Cerdas namun memahami mana yang harus dijaga, berpikiran progresif namun antisipatif.

5. Pembiayaan yang kuat

3415167332_2bc6175642_mPada zaman akhir seperti sekarang ini tidak bisa dielakkan bahwa untuk keberhasilan sesuatu harus memiliki dukungan secara finansial. Generasi muda kini dalam perjuangan pun dituntut untuk memiliki kemandirian dalam hal keuangan. Bisa dimulai dari keterampilan/usaha kecil-kecilan.

(red) 0509.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s