Hadiah dan Kerukunan

Sebagai sesama hamba yang beriman pada surganya Allah, kita diperintah untuk mewujudkan kerukunan dalam kehidupan. Di mulai dari lingkup kehidupan yang kecil sesama anggota keluarga di rumah, hingga pada lingkup yang lebih besar seperti di masjid, di sekolah, di kampus, di kantor, di masyarakat, kesemuanya kita harus bisa hidup rukun.

Banyak sekali manfaat yang bisa kita peroleh dengan hidup rukun, mulai dari bisa saling mengenal, menjalin persaudaraan, menyelesaikan perkara yang sulit, meringankan ibadah, hingga balasan dari Allah yang sangat pol berupa surga di akhirat nanti.

Untuk bisa mewujudkan kerukunan, kita mengenal ada 5 syarat:

  1. Menerampilkan bicara baik
  2. Berwatak jujur
  3. Banyak shobar
  4. Tidak merusak sesama
  5. Saling memperhatikan – menjaga perasaan

Berkaitan dengan syarat di atas terutama yang nomor lima, Nabi Muhammad SAW pernah bersabda:

dalilBerjabat tanganlah kalian maka akan hilang persangkaan jelek, dan kalian memberi hadiahlah maka kalian akan merasa saling senang dan akan menghilangkan pada perasaan dendam.  (HR. Malik Ibni Anas).

Berjabat tangan dan memberi hadiah walau merupakan perkara yang kecil, namun ternyata cukup besar efeknya bagi orang yang kita ajak berjabat tangan atau yang kita beri hadiah. Persangkaan jelek saudara kita bisa hilang, dendam yang tersimpan bisa sirna dan justru malah merasa saling senang.

Saat kita sedang diberi rizqi banyak oleh Allah, sebagai salah satu tanda syukur ada baiknya menyisihkan sedikit dari yang kita peroleh untuk berbagi kebahagiaan dengan saudara, sahabat, atau orang-orang terdekat kita. Tidak lupa juga untuk saling mendo’akan baik kepada mereka agar hilang rasa iri dengki sesama hamba Allah.

Berbicara tentang memberi hadiah, ternyata ada sesuatu yang kreatif yang bisa kita lakukan lho, yang bukan tidak mungkin bisa jadi sebuah kemandirian buat kita yang bisa mendatangkan hasil. Kita simak yuk!

“Trik-trik unik membungkus hadiah”

1.        gift-packages_300Gunakan koran, peta untuk membungkus kotak hadiah. Segala jenis kertas yang sudah tidak terpakai: koran bekas, majalah usang, komik lama, peta yang tidak digunakan, bisa digunakan sebagai bahan pembungkus kotak hadiah yang menarik. Atau kalau kamu ingin, bisa juga dari kamus lalu kamu pilih kata yang istimewa. Misal: parents (untuk hadiah pada orang tua), friendship (untuk hadiah pada sahabat), spirit, thankful (untuk memotivasi perasaan tertentu). Kamu fotokopi perbesar lembar yang berisi kata itu, kalau perlu beberpa kali, lalu gunakan untuk membungkus hadiah.

2.        tied-cloth_300Bungkus botol minuman dengan lap makan. Kalau hadiah yang ingin kamu berikan berupa botol atau yang berbentuk serupa, kamu bisa gunakan pembungkus berupa kain lap makan, serbet, sapu tangan atau yang sejenisnya. Cukup letakkan botol di salah satu sisi kain, sehingga bagian atas botol bertemu dengan bagian atas kain, lipat lebihan kain yang berada di bagian bawah botol membentuk semacam kantung, lalu gulung kain dengan rapi dan ikat leher botol dengan pita.

3.        white-giftbox_300Ikat hadiah dengan tali lompat. Kalau dahulu kamu pernah gemar main lompat tali, kini kamu masih bisa memanfaatkaannya untuk mengikat hadiah pada adik atau saudara yang mungkin masih gemar dengan permainan tersebut. Tidak hanya yang ada di dalam kotak, bahkan pembungkus hadiahnya pun bisa bermanfaat. Untuk ide serupa kamu juga bisa gunakan bahan lain seperti tali sepatu, kabel, dsb.

4.        gifts-packs_300Ikat bagian atas bungkus hadiah dengan pengikat rambut. Hadiah yang kamu berikan akan tampil menarik tanpa perlu ahli dalam seni mengikat pita jika menggunakan cara sederhana pengikat rambut ini. Ditambah, pengikat rambutnya bisa dipergunakan kembali untuk mengikat hadiah yang lain atau untuk rambutmu sendiri.

5.        red-gifts_300Membuat label hadiah dari kartu bekas. Kartu ucapan liburan yang lalu atau brosur iklan bekas yang sayang untuk dibuang, namun juga tidak terlalu berarti untuk disimpan, bisa digunakan untuk melengkapi hadiah kamu sebagai kartu ucapan. Gunting bentuk hati, bunga, atau ilustrasi-ilustrasi menarik lainnya pada kartu, kemudian dibalik itu kamu bisa tulis ucapanmu. Selanjutnya kamu bisa bungkus juga label tersebut dengan kertas atau hanya diberi pita.

Selamat berkreasi!:)

(red) 0409, Sumber: Himpunan K.Ahkam, realsimple.com.

One thought on “Hadiah dan Kerukunan

  1. kayanya bakaln seru inin acara2 MM pada bulan ini..
    mudah2an ja bener2 bisa terjalin kerukunan dan kekompakannya..
    Aamiiin..

    Pengen dong hadiahnya..
    hahahaha

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s