Menentukan Target untuk Kemandirian

Sebagaimana yang kita tahu, kemandirian adalah salah satu dari 3 target keberhasilan generus. Kemandirian perlu diupayakan agar bisa tumbuh dalam diri kita. Gak mesti ngebayangin yang rumit-rumit kok. Mulai saja dari hal-hal yang sederhana dalam hidup kita sehari-hari, seperti bangun tidur sendiri, sholat tanpa harus diingatkan orang tua, mencuci dan menyetrika pakaian sendiri, dll. Kalau sudah punya semangat kemandirian dari hal yang kecil, insya Allah untuk hal-hal yang lebih besar akan mudah.

Buat teman2 yang belum bisa melaksanakannya, maka yang diperlukan adalah BERUBAH. Merubah kebiasaan atau pola hidup kita menjadi lebih mandiri.

ayatSesungguhnya Allah tidak akan merubah keadaan suatu kaum, sehingga ada usaha dari diri mereka untuk merubahnya (Ar-Ra’du 11).

Dengan kemandirian ini pula (dan tentunya dibarengi do’a pada Allah), kita akan dengan mudah untuk mencapai sukses. Adhi Arisman, seorang motivator dunia kerja memaparkan bahwa sukses lebih udah tercapai jika kita mulai berani keluar dari zona nyaman. Saat merasa puas dengan yang diraih, maka kita sedang berjalan pada rutinitas. Tapi, jika berani menentukan TARGET setahap lebih tinggi dari yang  telah dicapai, maka kita akan mendapatkan tantangan untuk bisa meraih target. Target tersebut akan menjadi indikator keberhasilan kinerja.

Saat memasuki tahapan mencapai target, kita akan berjuang memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan. Tahapan itu membuat kita melakukan aktivitas untuk mengembangkan diri. Lewat aktivitas itu, kita dapat mencari dan meraih pengetahuan baru, mengembangkan keterampilan (life skill), berusaha mengendalikan diri, dan mempelajari hal-hal baru.

“Bagaimana cara menetukan target?”

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengefektifkan target yang dibuat,

smartSpecific – Measureable (terukur) – Attainable (dapat dilaksanakan) – Reasonable (beralasan) – Time Framed (memiliki kerangka waktu).

Berikut TIPS praktis  dalam membuat target kehidupan:

  • Tentukan target yang ingin diraih,
  • Tetapkan target jangka panjang dan jangka pendek,
  • Jelaskan pentingnya target berdasarkan kontribusinya,
  • Urai secara detail rencana yang akan digunakan untuk mencapai target itu,
  • Sesuaikan standar performa dan kriteria pengukuran dengan tujuan.

Selamat MENCOBA! Mudah-mudahan Allah paring kesuksesan yang barokah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s